Yuk Ketahui Usia Sebelum Membeli Laptop Bekas

Yuk, Ketahui Usia Sebelum Membeli Laptop Bekas

Semakin tua usia laptop, biasanya semakin menurun kualitasnya. Tak heran jika banyak orang yang menjualnya di lapak jual beli laptop bekas. Sebagai pembeli, jika tidak teliti bisa jadi membeli laptop dengan kualitas yang jelek. Salah satu yang membuat laptop menurun kualitasnya adalah usia. Itu sebabnya sebelum membeli ada beberapa hal yang harus diperhatikan. s

Salah satunya adalah usia laptop. Memang bisa jadi usia tergolong muda namun kualitas buruk. Ini disebabkan karena penggunaan yang berlebihan oleh pemilik lama. Untuk memastikan, Anda juga perlu mengetahui usia laptop bekas sebelum membeli. Lalu bagaimana caranya mengetahui usia laptop bekas? Berikut ini tips yang bisa Anda coba

  1. Melalui Aplikasi Command Prompt

 

Anda bisa melakukan pengecekan melalui aplikasi bawaan windows, command prompt (cmd). Caranya dengan meng-klok tombol windows pada komputer kemudian mengetikkan cmd pada kolom search program. Kemudian jika sudah muncul layar jitam dengan font putih Anda bisa menuliskan ‘dir’ dan kemudian akan muncul semua file yang menjadi program laptop tersevyt. Dari situlah nanti Anda akan mengetahui usia laptop bekas yang menjadi incaran.

 

  1. Masuk Ke Sistem Bios

Cara berikutnya adalah masuk ke sistem Bios, caranya dengan menekan tombol Del, F1,F10 secara bebarengan. Setiap laptop atau PC seringkali berbeda, namun lazimnya tombo; tersebutlah yang dipencet bersamaan. Setelah berhasil masukakan terlihat BIOS version sama seperti layar CMD di poin nomer 1.

Cara itulah yang bisa dipraktikkan untuk mengetahui usia laptop. Anda bisa memeriksa usia laptop terutama ketika melakukan transaksi jual beli laptop bekas. Akan tetapi, seringkali usia juga tidak begitu berpengaruh, asalkan laptop dirawat dengan benar, rutin dibersihkan, memperhatikan suhu ruangan, tidak digunakan secara terus menerus dalam jangka waktu lama.

Perlu teliti sebelum membeli, terutama jika laptop bekas dan penjual baru saja dikenal. Jual beli laptop bekas banyak diminati karena harga lebih murah dan seringkali mendapatkan barang baru dalam kondisi mulus. Anda juga bisa mencari berbagai merek di pusat jual beli laptop Tangerang Selatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.