Sepak Bola Indah Tidak Penting, Guardiola Hanya Ingin Menang

Sepak Bola Indah Tidak Penting, Guardiola Hanya Ingin Menang

Josep Guardiola © AP

Bola.net – Mantan pelatih Liverpool, Gerard Houllier meyakini bahwa pelatih hebat seperti Pep Guardiola selalu mengutamakan kemenangan daripada faktor-faktor lainnya seperti sepak bola indah, taktik, atau permainan yang mengundang decak kagum. Dia yakin semua pelatih berpikiran sama.

Sepanjang kariernya sebagai pelatih, Guardiola dikenal sebagai genius yang menerapkan taktik menyerang. Dia mengembangkan tiki-taka hingga jadi salah satu sepak bola terbaik pada masanya.

Kini, Guardiola bukan lagi pelatih yang hanya mengandalkan tiki-taka atau penguasaan bola. Dia juga rela menerapkan taktik-taktik lain dengan tujuan kemenangan tim.

Inilah yang membuktikan bahwa pada akhirnya sepak bola indah tidak penting. Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

Obsesi Menang

Houllier tidak percaya Guardiola adalah pelatih yang mementingkan gaya bermain. Dia berani menjamin mantan pelatih Barcelona itu selalu mengutamakan kemenangan, sebab memang itulah yang paling penting.

“Obsesi pelatih adalah untuk menmang, saya tidak memercayai sebaliknya,” buka Houllier kepada tribalfootball.

“Di atas segalanya, obsesi Pep Guardiola adalah untuk menang. Tentu dia tidak akan pernah meninggalkan prinsipnya, dan dia tidak akan pernah mencoba menang dengan segala cara.”

“Namun, tujuan di setiap pertandingan selalu sama – kemenangan dan efisiensi di atas segalanya,” lanjut dia.

Bukti

Houllier memperkuat pendapatnya dengan bukti. Januari lalu, Man City berhasil mengalahkan Liverpool (2-1) di Etihad Stadium. Dia menilai gayag bermain Man City di laga tersebut tidaklah indah, tapi sudah cukup untuk menang.

“Pada awal Januari, ketika dia memutuskan untuk bermain bola panjang demi keluar dari tekanan Liverpool, dia melakukan itu karena itulah respons terbaik terhadap masalah [yang ditimbulkan Liverpool].”

“Kini, dia adalah seseorang yang mau melakukan semuanya dan dia mewujudkan peran terbaik dari pelatih hebat,” tutup dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.