Menteri Agama dan Sejumlah Tokoh Ucapkan Harlah NU ke-95

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan sejumlah tokoh memberi ucapan Harlah NU ke-95 lewat media sosial. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan sejumlah tokoh memberi ucapan Harlah NU ke-95 lewat media sosial. (dok: Kemenag)

Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas dan sejumlah tokoh memberi ucapan Hari Lahir Nahdlatul Ulama (Harlah NU) ke-95, lewat media sosial. Harlah NU ke-95 diperingati setiap tanggal 30 Januari.

Ucapan dari Yaqut atau yang juga sering disapa Gus Yaqut ini disampaikannya lewat akun Twitter pribadi.

“Selamat Harlah Nahdlatul Ulama 95 Khidmad NU: Menyebarkan Aswaja dan Meneguhkan Komitmen Kebangsaan #HarlahNU95,” tulis Yaqut.

 

Selain dari Yaqut, ucapan selamat juga datang dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar.

“Ngurusi Nahdlatul Ulama bertautan bukan hanya dengan eksistensi Nahdlatul Ulama, tapi berkaitan erat dengan eksistensi Indonesia sebagai darussalam, bukan negera islam. Karena NU sudah bertransformasi menjadi pilar penting bagi keutuhan dan kedaulatan NKRI,” tulis Abdul.

Dalam kicauan lain, dia juga menuliskan, “Ngurusi NU tidak terbatas pada mencatatkan nama dalam struktur kepengurusan NU. Ngurusi NU bisa dengan menjadi pelayan yang ikhlas untuk membesarkan NU, melakukan dakwah islam ahlussunnah wal jamaah, serta mempertahankan NKRI.”

Salah satu tokoh seniman Sudjiwo Tedjo juga tak mau ketinggalan mencuitkan ucapan Harlah NU ke-95 di akun Twitter pribadinya.

Selain itu, akun Twitter resmi Nahdlatul Ulama pun memperingati Harlah NU ke-95 dengan mengunggah sebuah semboyan.

“Khidmah NU: Menyebarkan Aswaja dan Meneguhkan Komitmen Kebangsaan,” tertulis di akun Twitter NU.

 

Pada Harlah NU ke-95, Presiden Joko Widodo hadir secara daring dan berkata bahwa NU selalu jadi garda terdepan dalam membela kepentingan bangsa dan negara. Ia menyebut NU konsisten membela Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945.

readyviewed “Kita semua melihat bukti Nahdhlatul Ulama berperan besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, menggerakkan semangat nasionalisme, dan semangat toleransi serta dalam melawan segala bentuk radikalisme dan terorisme,” kata Jokowi dalam peringatan Harlah ke-95 NU secara daring, Sabtu (30/1) kemarin.

Jokowi menyampaikan warga Nahdliyin telah memberi sumbangsih kepada bangsa dan negara sejak sebelum kemerdekaan. Ia berharap NU terus berperan penting dalam kemajuan Indonesia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu yakin NU siap berpartisipasi dalam membangun masa depan Indonesia. Jokowi menyatakan selalu melihat optimisme saat mengunjungi ulama dan santri NU di berbagai daerah.

“Saya bangga menyaksikan para Nahdliyin muda, para santri, berperan aktif dalam pemberdayaan ekonomi umat yang berbasis pesantren,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengucapkan selamat hari lahir bagi NU. Ia mendoakan yang terbaik bagi NU dan warga Nahdliyin.

readyviewed “Semoga Allah SWT senantiasa merahmati dan memberkahi NU serta warga Nahdliyin di seluruh dunia,” ujar Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.