Kenali, 12 Hal yang Membatalkan Puasa

Liputan6.com, Jakarta Ibadah di bulan Ramadan adalah kewajiban bagi seorang muslim. Perintah khusus mengenai puasa telah diturunkan Allah melalui surat Al Baqarah ayat 183.

Bunyinya adalah sebagai berikut:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Tentu orang beriman harus tahu apa saja yang membatalkan puasa mereka, agar ibadahnya tidak sia-sia. Berikut 12 hal yang membatalkan puasa Ramadan, seperti dikutip dari Dream.com.

Hal yang membatalkan puasa artinya perbuatan yang merusak nilai pahala puasa. Puasa Ramadan yang dilakukan bahkan tidak sah dan tidak akan mendapatkan pahala sedikit pun.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bahkan mengatakan puasa Ramadan yang demikian itu adalah puasa yang sia-sia.

“Banyak dari orang-orang yang berpuasa tapi tidak memperoleh hasil dari puasanya melainkan lapar dan dahaga saja.”

Sayang sekali jika itu terjadi, karena tidak semua umat Islam bisa bertemu lagi dengan bulan puasa Ramadan di tahun berikutnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 12 hal yang membatalkan puasa Ramadan.

 

2 dari 5 halaman

12 Hal yang Membatalkan Puasa

1. Makan dan minum dengan sengaja

Ini sudah pasti ya. Makan dan minum dengan sengaja adalah hal yang membatalkan puasa. Tapi kalau makan dan minum dalam keadaan lupa atau tidak sengaja, puasanya tidak batal. Dengan syarat kita langsung berhenti makan dan minum begitu kita ingat, dengan begitu kita bisa melanjutkan puasa kita.2. Bersetubuh di siang hari

2. Bersetubuh atau berhubungan suami istri di siang hari dalam keadaan puasa, maka batallah puasanya. Kalau puasanya adalah puasa Ramadan, maka wajib untuk mengganti puasa tersebut. Tapi kalau hubungan suami istri dilakukan pada malam hari (sudah berbuka) maka tidak akan merusak puasa.

3. Muntah dengan sengaja

Muntah yang sengaja di sini maksudnya dengan sadar dan sengaja mengeluarkan makanan atau minuman dari perut melalui mulut. Sedangkan kalau tidak sengaja muntah (sama sekali tak ada niatan untuk muntah), maka tidak membatalkan puasa.

4. Merokok saat puasa

Merokok adalah salah satu hal yang membatalkan puasa. Walaupun tidak makan dan minum, merokok ini bisa membuatmu batal puasa. Asap rokok merupakan benda yang bisa masuk ke dalam lambung, kecuali mencium wangi-wangian. Bukan hanya saat puasa Ramadan saja, merokok saat menjalankan puasa lainnya bisa membatalkan puasa.

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

5. Sikat gigi saat puasa

Hukum sikat gigi saat puasa sebenarnya masih jadi perdebatan. Sebagian ulama memiliki pemikiran yang berbeda. Bau mulut memang jadi masalah utama saat puasa Ramadan. Beberapa ulama menyebutkan sikat gigi saat puasa adalah hal yang makruh dan bisa membatalkan puasa, apalagi kalau dilakukan setelah waktu Zuhur.

6. Memasukkan benda ke bagian tubuh yang berlubang secara sengaja

Batal puasa jika memasukkan benda ke bagian tubuh yang berlubang secara sengaja. Bagian tubuh yang berlubang itu seperti hidung, kedua telinga, mulut, qubul dan dubur pria maupun wanita. Termasuk kategori sengaja, yaitu ceroboh. Contohnya sedang puasa, tapi malah berenang.

7. Hilang akal karena gila atau epilepsi

Sudah jelas bahwa orang gila atau menderita epilepsi tidak diwajibkan untuk puasa Ramadan. Jika seseorang memiliki gangguan kejiwaan secara tiba-tiba, dan sedang berpuasa, maka puasanya batal.

8. Memakan selain makanan biasa

Memasukkan sesuatu ke dalam mulut, baik mengenyangkan atau tidak (seperti dengan sengaja menelan batu kecil, potongan kulit, adonan terigu, obat-obatan, atau pil), juga bisa membatalkan puasa. Jadi di Ramadan 2019 kali ini, untuk lebih aman jangan menelan apa pun saat sedang puasa.

 

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

9. Mengeluarkan air mani dengan sengaja

Pria yang mengeluarkan air mani dengan sengaja (ejakulasi), puasanya bisa batal dan wajib untuk mengganti (qadha) puasanya.

10. Haid dan nifas

Wanita yang datang bulan atau sedang haid, puasanya akan batal. Sekalipun haid datang di akhir siang atau menjelang waktu berbuka puasa, maka batal puasanya. Wanita yang kedatangan nifas pun, puasanya batal.

11. Berniat berbuka puasa

Secara sengaja memiliki niat untuk berbuka puasa, padahal belum masuk waktu buka, maka puasanya bisa batal. Bahkan sekalipun itu hanya niat dan belum makan atau minum apacpun, puasa bisa batal. Kenapa? Karena niat adalah rukun puasa. Penting sekali untuk menjaga niat puasa selama Ramadan 2018 kali ini agar puasa kita sebulan penuh tetap sah.

12. Murtad (keluar) dari Islam

Seseorang yang tadinya muslim lalu murtad atau keluar dari Islam secara sadar dan sengaja, maka puasanya batal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.