Jangan Asal Beli Laptop Bekas di Internet! Kenali Ciri-ciri Penipuan Toko Online

Banyak orang yang lebih memilih berbelanja online karena kemudahannya. Termasuk bagi mereka yang ingin beli laptop second di toko jual beli laptop bekas. Namun sayangnya ada banyak orang jahat yang memanfaatkan peluang untuk menipu. Banyak yang berkedok toko terpercaya padahal tidak.

Apabila Anda akan membeli laptop bekas di toko jual beli laptop bekas online harus berhati-hati! Ketahui ciri-ciri penipuan toko online supaya tidak menjadi korbannya. Artikel ini akan membahas hal tersebut.

Ciri-ciri Penipuan di Toko Online

Waspada adalah kata yang harus Anda ingat ketika ingin melakukan transaksi jual beli laptop bekas secara online. Jika Anda mengalami hal-hal seperti yang disebutkan di bawah ini maka urungkan niat untuk beli di toko tersebut karena berarti mereka melakukan penipuan. Berikut ini hal-hal tersebut.

  1. Harga Terlalu Murah

Banyak orang senang jika ada harga barang yang lebih murah walaupun hanya sedikit. Apalagi jika harganya jauh dari harga barang serupa lain. Namun harga yang terlalu murah ini bisa menjadi salah satu kedok penipuan online.

Makanya sebelum beli laptop second cari dulu kisaran harga laptop yang akan dibeli. Jika ada yang menjual jauh sekali bedanya maka hati-hati.

  1. Menggunakan Iklan, Website dan Blog Gratisan

Penipu pastinya ingin mendapatkan banyak uang karena kebanyakan tidak punya uang. Makanya mereka akan membuat website, iklan, dan blog gratisan untuk mempromosikan jualannya. Jika penjual itu jujur pastinya mampu membeli website sendiri karena harganya pun tidak seberapa, hanya membeli domain juga bisa.

  1. Tidak Bisa COD

COD atau Cash on Delivery adalah barang yang dipesan akan diantar ke tempat pembelinya kemudian di saat itu pembeli akan membayarkan uangnya. Ada barang, ada uang. Kebanyakan penipu tidak punya layanan ini karena barangnya juga tidak ada, apa yang akan diberikan.

  1. Lama Balas Ketika Chat

Meski bisa saja karena sibuk, tapi Anda harus waspada jika ada penjual yang sulit dihubungi. Oleh karena itu, jika mereka benar-benar berjualan pastinya akan selalu stand by di depan handphone atau komputernya. Jadi bisa cepat-cepat melayani pelanggannya yang bertanya atau membeli sesuatu.

Nah, itulah dia beberapa ciri-ciri penipuan toko online yang patut untuk diwaspadai. Segera urungkan niat berbelanja online jika tahu bahwa tempat jual beli laptop bekas memiliki ciri-ciri ini.

Jangan Asal Beli Laptop Bekas di Internet! Kenali Ciri-ciri Penipuan Toko Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.