Ingin Beli Laptop Bekas Online Tapi Takut Tertipu? Pilih COD Saja

Ingin Beli Laptop Bekas Online Tapi Takut Tertipu? Pilih COD Saja

Membeli barang secara online banyak dipilih karena kepraktisannya. Apa pun yang dibutuhkan bisa dibeli termasuk laptop bekas. Banyak toko maupun perorangan yang melakukan transaksi jual beli laptop bekas secara online.

Namun karena banyak sekali penipu di dunia online maka harus berhati-hati dalam melakukan transaksi. Akan lebih baik jika memilih toko jual beli laptop bekas yang bisa menggunakan sistem COD.

Artikel ini akan membahas berbagai kelebihan dari transaksi COD dalam membeli sebuah barang secara online.

Kelebihan COD

COD atau Cash On Delivery adalah sebuah layanan toko online yang langsung mempertemukan penjual dan pembelinya. Nanti penjual akan membawa barang yang dipesan oleh pembeli kemudian ketika bertemu pembeli bisa langsung melihat barangnya. Jika sudah deal karena barang yang dipesan sesuai dengan keinginan maka pembayaran akan langsung dilakukan.

Cara ini bisa sangat efektif untuk mengurangi kasus penipuan. Jika penjual tidak bersedia untuk melakukan COD maka Anda harus mewaspadainya. Berikut ini berbagai kelebihan dari transaksi COD.

  • COD bisa dilakukan apabila lokasi antara penjual dan pembeli berada di satu kota. Dengan demikian pembeli jadi tidak perlu repot pergi ke luar kota maupun menunggu barang pesanan sampai kerumah.
  • Pembeli dapat langsung melihat kondisi dan bentuk barang. Jadi mereka bisa mengetahui baik buruknya barang secara langsung. Jika kurang pas maka Anda bisa membatalkan transaksi jadi uang yang diberikan tidak sia-sia.
  • Penjual akan mendapatkan uang secara lebih cepat karena barangnya dibeli langsung.

Kelebihan-kelebihan ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi pembelinya apalagi jika membeli alat elektronikyang harganya bisa jutaan. Meski yang dibeli hanya laptop bekas tapi tentunya rugi besar jika Anda salah memilih toko online.

Tips Aman Ketika Melakukan COD

Meski punya banyak kelebihan tapi Anda masih harus berhati-hati saat bertemu penjual di tempat yang telah disepakati. Berikut ini beberapa tips aman dalam melakukan COD.

  • Pembeli dan penjual harus sama-sama waspada ketika bertemu. Namanya juga orang baru dan tidak kenal. Siapa tahu orang yang akan ditemui oleh kita punya niat tidak baik.
  • Ajak orang lain ketika akan melakukan transaksi.
  • Cari tempat untuk bertemu yang ramai.
  • Penjual atau pembeli bisa mengajak masing-masing bertemu di rumah yang ada orang lainnya. Jadi akan merasa aman karena akan ada yang mengawasi.

Itulah dia informasi mengenai COD yang lebih aman untuk Anda ketika melakukan transaksi jual beli laptop bekas dan barang lainnya juga.

 

Ingin Beli Laptop Bekas Online Tapi Takut Tertipu? Pilih COD Saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.