Heboh Perban di Bagian Belakang Kepala Kim Jong Un, Ada Apa?

Kim Jong Un (Twitter) Foto: Kim Jong Un (Twitter)

Penampilan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un terlihat berbeda dalam beberapa waktu terakhir. Pasalnya terlihat sebuah perban menempel di bagian belakang kepalanya.

Perban itu terlihat dalam foto ketika Kim muncul di acara Tentara Rakyat Korea dari 24 hingga 27 Juli. Foto itu muncul dalam pemberitaan di media pemerintah Korut NK News dan surat kabar Korea Selatan (Korsel) Chosun Ilbo.

Chosun Ilbo juga merilis beberapa foto pada acara akhir Juli. Di sana terlihat perban di kepala Kim sudah hilang, digantikan sebuah bintik berwarna hijau gelap.

Pascadirilisnya foto-foto tersebut, NK News mengatakan tidak ada tanda di bagian belakang kepala Kim saat ia menghadiri acara 11 Juli dengan para musisi. Mereka juga menambahkan kemungkinan Kim sedang menghabiskan waktu di rumah tepi pantai di Wonsan setelahnya.

Laporan Bloomberg pada, Selasa (3/8/2021) menulis jika peristiwa ini merupakan episode terbaru spekulasi mengenai keadaan dan kesehatan Kim. Seperti yang diketahui, informasi kesehatan Kim merupakan salah satu rahasia yang paling dijaga ketat oleh Korut.

Propaganda negara selama beberapa dekade telah membuat para pemimpin tertinggi harus menutupi kehidupan pribadi hingga soal kesehatan. Sebab hal ini dianggap dapat menjadi informasi bagi agen mata-mata.

Pada Juni, media pemerintah mengutip seorang warga yang mengatakan warga Korut menangis karena melihat Kim yang secara dramatis lebih kurus. Saat muncul di ruang publik, badan Kim memang dilaporkan lebih kurus selama bulan Mei.

Badan Intelijen Nasional Korsel juga percaya tidak ada tanda-tanda yang tidak biasa mengenai kesehatan Kim. Sebuah laporan Yonhap, mengutip anggota parlemen yang telah diberi pengarahan oleh agen mata-mata, mengatakan perban tersebut dihapus setelah beberapa hari dan tidak ada bekas luka di kepala Kim.

Sebelumnya Kim juga pernah absen terlalu lama dan saat muncul dalam acara May Day 2020, terlihat bekas luka di pergelangan tangannya. Ini memicu spekulasi Kim mungkin telah menjalani prosedur medis.

Kim, yang punya kelebihan berat badan dan perokok berat, telah menjadi subyek spekulasi kesehatan selama bertahun-tahun.

Salah satunya saat ia tidak hadir selama enam minggu pada tahun 2014. Ketika dia muncul kembali, dia berjalan dengan tongkat, menimbulkan spekulasi bahwa dia mungkin menderita asam urat.

Kakeknya dan pendiri negara Kim Il Sung memiliki tumor sebesar bola tenis di bagian belakang lehernya, yang tertangkap dalam foto-foto perjalanan internasionalnya. Namun, negara bersikeras dan memastikan bahwa itu tidak pernah diperlihatkan kepada publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.