Erick: PLN Harus Bereskan Masalah Gangguan Listrik!

Menteri BUMN Erick Thohir  (Dok. BUMN) Foto: Menteri BUMN Erick Thohir (Dok. BUMN)

 Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta PT PLN (Persero) memperbaiki masalah gangguan listrik yang seringkali terjadi. Bahkan, ke depan PLN harus bisa memaksimalkan operasionalnya hingga tak ada lagi padam listrik (blackout).

Erick mengatakan hal ini masuk dalam inisiatif strategis PLN yang masuk ke dalam klaster energi.

“Misalnya energi, PLN. Nilai ekonominya jelas bagaimana manajemen gangguan harus diperbaiki,” kata Erick saat Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI, Senin (30/11/2020).

Selain itu, PLN juga diharapkan mulai melakukan perubahan model pendapatan (revenue model) yang saat ini sistemnya ‘menunggu bola’, namun dengan divisi baru yakni divisi retail, maka diharapkan PLN akan dapat lebih aktif memanfaatkan momentum Covid-19.

Dia menyebut, masalah kelebihan pasokan listrik dalam negeri saat ini cukup menjadi perhatian, sehingga harus dimaksimalkan kemampuan perusahaan untuk menjual kelebihan pasokan tersebut.

Dengan demikian, imbuhnya, PLN bakal fokus ke tiga jenis bisnis yakni retail, distribusi dan produksi listrik. Diharapkan, dengan skema bisnis ini struktur biaya di PLN menjadi lebih terbuka.

“Sekarang kadang kita lihat capex (capital expenditure/ belanja modal)-nya sulit untuk didalami,” imbuhnya.

Namun sayangnya, sehari setelah ada omongan tersebut, gangguan listrik justru terjadi kembali. Pagi ini, Selasa (01/12/2020) sekitar pukul 09.08 WIB telah terjadi pemadaman listrik di sejumlah daerah di Jakarta Selatan.

Pemadaman listrik ini terjadi di wilayah Mampang, Sudirman, Kuningan, Pasar Minggu, Senanyan, Sudirman Central Business District (SCBD), Duren Tiga, Kemang, dan sekitarnya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (PLN Disjaya) Doddy B. Pangaribuan mengatakan aliran listrik sempat padam akibat gangguan jaringan listrik 150 kilo Volt (kV). Namun, pada pukul 14.00 WIB PLN berhasil menyalakan kembali listrik di seluruh area terdampak pemadaman tersebut.

“PLN telah berhasil menormalkan seluruh pasokan listrik di wilayah Jakarta Selatan pada pukul 14.00 WIB,” ungkapnya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (01/12/2020).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.