Cara Cek Spesifikasi Asli Laptop Bekas Paling Mudah

Cara Cek Spesifikasi Asli Laptop Bekas Paling Mudah

Laptop bekas yang dijual di toko jual beli laptop bekas memiliki berbagai macam kondisi. Ada yang masih mulus karena dipakai sebentar, ada juga yang memiliki cacat dan diganti software maupun hardwarenya dengan tidak resmi.

Terkadang juga penjual sedikit menipu kepada pembelinya mengenai spesifikasi laptop. Ada yang bilang spesifikasinya masih asli tapi sebenarnya ada yang sudah tidak original. Supaya mengetahui benar tidaknya maka Anda harus cek spesifikasi aslinya sendiri. Caranya mudah sekali.

Cara untuk Cek Spesifikasi Laptop Asli

Ada dua cara yang bisa digunakan, yaitu menggunakan fitur default dan software. Berikut ini penjelasannya.

Cek dengan Fitur Default

Berikut ini langkah-langkah pengecekannya.

  • Tekan tombol Windows berbarengan dengan huruf Selanjutnya ketik dxdiag lalu Anda akan melihat spesifikasi laptop tersebut. Spesifikasinya berupa prosesor, mainboard, RAM, VGA, dan hardware lainnya.
  • Dengan tekan tombol Windows + R kemudian ketik msinfo32 Anda akan melihat spesifikasi software dan hardware dari laptop bekas tersebut.
  • Tekan Windows dan pause brake maka Anda akan melihat sistem operasi yang telah terinstal di laptop, RAM, dan jenis prosesornya. Sayangnya, untuk info di sini bisa dimanipulasi.

Cara supaya Anda tahu spesifikasi laptop bekas yang sebenarnya dan lebih akurat adalah menggunakan bantuan software.

Cek dengan Software

Ada dua buah software yang bisa coba Anda gunakan, yaitu software Speccy dan CPUz. Software ini mudah sekali digunakan, berikut ini caranya.

  1. Software Speccy

Anda bisa mendownloadnya dengan mencari di internet, pasti ada link donwloadnya. Setelah didownload maka langsung diinstall di laptop bekas tersebut. Kemudian klik Open dan nanti Anda bisa melihat spesifikasi laptop bekas di menu software ini.

  1. Software CPUz

Anda bisa mendownloadnya langsung di website resmi software ini, yaitu cpuid.com. Pilih yang berjenis portable atau installer. Setelah diinstal Anda bisa membukanya kemudian melihat segala detail dari laptop tersebut.

Nah, dari sini Anda bisa tahu bagaimana spesifikasi sebenarnya dari laptop yang Anda cek. Apabila kondisi laptop bekas di toko jual beli laptop bekas tersebut masih sama maka Anda bisa memutuskan untuk membeli laptop tersebut.

Itulah dia informasi mengenai cara cek spesifikasi asli sebuah laptop. Jadi Anda tidak akan tertipu jika memutuskan beli laptop second di tempat jual beli laptop bekas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.